Cara Merawat Baju Koko Kaftan dengan Tepat

Salah satu pakaian yang biasa digunakan para Muslim untuk sholat yaitu baju koko. Saat ini perkembangan dunia fashion semakin meningkat dan hal ini menyebabkan banyaknya berbagai model, desain dan bahan pada baju Muslim juga. Selain dipakai untuk beribadah, ternyata baju tersebut juga dipakai dalam acara resmi, kegiatan sehari-hari bahkan ke kantor sekalipun. Baju koko kaftan yang merupakan salah satu jenis baju Muslim, menjadi pilihan yang selalu dipakai karena nyaman dan terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi. Seringnya pemakaian ini mungkin mengakibatkan baju menjadi kusam, jadi harus dirawat dengan cara yang tepat seperti dibawah ini.Cara Merawat Baju Koko Kaftan dengan Tepat

Beberapa Cara Merawat Baju Koko Kaftan dengan Tepat

Dalam melakukan perawatan sebuah pakaian, kita perlu beberapa cara yang tepat agar selalu terlihat cerah dan enak dipandang oleh orang lain, termasuk baju koko kaftan. Adapun beberapa cara yang harus Anda perhatikan dalam merawatnya bisa dilihat dalam hal mencuci, menyetrika dan menyimpan yang akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Mencuci
Saat mencuci, pisahkan baju koko ini dengan pakaian yang gampang luntur agar warnanya masih tetap cerah seperti baru. Kemudian rendam dengan menggunakan air yang suhunya tidak panas dan tidak dingin atau dengan suhu yang yang biasa supaya bahannya tidak mudah rusak dan mengkerut. Hal yang terpenting adalah hindari menggunakan mesin cuci karena hal tersebut dapat merusak bahan kain pada baju Anda. Oleh sebab itu, pakailah cara manual dan jangan menyikat pakaian dengan keras. Apabila terdapat kotoran yang membandel sebaiknya rendam saja menggunakan detergen lalu diamkan beberapa menit dan kucek hingga noda tersebut hilang.

Selain itu, jika baju koko kaftan yang Anda punya ada yang berwarna putih dan terkena kotoran yang susah untuk dihilangkan, disarankan agar tidak memilih pemutih yang kualitasnya rendah. Karena dengan demikian warna putih pada baju mungkin akan memudar sehingga pilihlah yang ramah lingkungan dan mempunyai kualitas tinggi.

2. Menyetrika
Dalam hal menyetrika baju koko, Anda harus memperhatikan temperatur yang ada pada setrikaan dan menyesuaikannya pada bahan pakaian. Kain yang biasa digunakan pada jenis baju ini berbahan cukup tebal namun tidak panas saat dikenakan dan tidak terlalu kaku. Jadi, usahakan tidak menyetel suhu yang paling panas karena bisa merusak warna dan bahan baju Muslim tersebut. Saat menyetrika diperbolehkan menggunakan pewangi agar pakaian tetap harum.Cara Merawat Baju Koko Kaftan dengan Tepat

3. Menyimpan
Walaupun sudah melewati tahap mencuci dan menyetrika dengan baik, cara menyimpan baju koko kaftan juga patut Anda perhatikan. Setelah menyetrika, Anda dapat menyimpannya ke dalam lemari pakaian dengan menggantungkannya pada hanger ataupun dengan melipatnya. Lemari yang disediakan juga harus yang bersuhu biasa atau tidak lembab agar tidak berbau apek. Sebisa mungkin untuk membersihkan lemarinya terlebih dahulu sebelum meletakkan pakaian ini di dalamnya.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan diatas, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu saat menjemur. Karena baju ini mempunyai variasi model baik dari motif, corak dan juga warna, untuk itu saat menjemur Anda harus membalikkan pakaian ini agar tidak mudah pudar karena terpapar sinar matahari. Demikianlah beberapa cara dalam merawat baju koko kaftan dengan tepat yang bisa Anda terapkan. Semoga cara-cara yang telah dibagikan diatas tersebut dapat menjadi referensi Anda untuk menjaga kualitas baju koko yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *