Peci Awing, Peci Unik untuk Pria

Peci atau penutup kepala memang berkembang dengan banyak pilihan model dan bentuk. Salah satu pilihan penutup kepala adalah peci awing, sebuah peci yang berasal dari daerah Gresik. Di daerah wali tersebut lahir sebuah peci yang sedikit lebih berbeda dengan peci lain. Lebih hebatnya lagi pasar peci tersebut sudah tembus hingga pasar manca negara. Sebuah cerita lucu ada di belakang nama peci ini, untuk lebih lengkapnya lagi berikut adalah penjelasan mengenai beberapa hal yang ada dalam perjalanan peci unik ini hingga terkenal dan memiliki pasar yang luas.
Peci Awing, Peci Unik untuk Pria
Beberapa Hal Mengenal Peci Awing

Dari namanya saja peci ini begitu unik dengan cerita yang cukup menarik. Sebuah gang kecil menjadi tempat dibuatnya peci awing, salah satu varian peci yang ada di Indonesia. Sejarah penamaan peci ini memiliki cerita tersendiri, untuk kualitas peci cukup bagus dengan bahan impor, sehingga harga peci jenis ini lumayan mahal. Berikut penjelasan mengenai peci atau songkong yang disebut awing agar Anda lebih mengenal jenis peci yang unik ini.

1.    Sejarah nama peci
Dahulu pada jaman kepemimpinan presiden Soeharto, seorang menteri penerangan yakni Harmoko mengunjungi daerah Gresik. Beliau mencari sebuah songkok yang akan dipesan untuk presiden Soeharto. Pencarian tersebut tiba pada sebuah tempat produksi songkok yaitu awing, yang lokasinya ada di Jl. Kyai Haji Kholil No.73, Gresik. Merasa tertarik dengan desain unik dan berbeda dari peci tersebut Harmoko memesannya. Sejak saat itu nama peci awing mulai dikenal dan banyak diminati. Produksi peci tersebut semakin banyak dan mengalami peningkatan yang baik.

2.    Karakteristik
Bahan utama pembuatan songkok ini adalah kain beludru yang didatangkan dari luar negeri seperti Korea dan Amerika. Beberapa bahan pendukung lainnya diimpor dari negara Jepang. Songkok ini memiliki karakteristik unik yakni bobotnya yang ringan dan bentuknya yang anti kusut. Hal yang menjadi ciri khas dari peci ini adalah desain bagian atas peci yang dibuat dari kain yang memiliki lubang. Keunikan ini yang menjadi kelebihannya yaitu bisa menjadi lubang udara agar kepala tidak terlalu kepanasan. Dengan adanya sirkulasi udara yang baik tentu pemakaian peci akan terasa lebih nyaman meskipun Anda mungkin mengenakannya dalam waktu yang cukup lama. Bagian lain dari peci ini hampir sama dengan jenis yang lain seperti bentuknya yang oval dengan kain beludru hitam dan di sekeliling bagian luar diberi bordiran yang membuat rupanya lebih menarik. Harganya sendiri berkisar antara 85 ribu hingga 150 ribu.

3.    Kehebatan
Selain memiliki keunikan desain, peci awing juga mempunyai kelebihan dalam bidang pemasaran. Peci ini telah tersedia di banyak tempat di Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, dan tentunya Jawa Timur. Hebatnya peci ini adalah pemasarannya yang sudah tembus hingga kawasan Asia Tenggara antara lain Malaysia, Brunei Darussalam, dan juga Singapore. Peci yang pernah dikenakan oleh beberapa presiden Indonesia ini juga diminati oleh orang nomor satu di Brunei Darussalam yakni Sultan Bolkiah. Langkah yang diambil untuk memenuhi banyaknya pesanan adalah dengan dibangunnya beberapa tempat produksi lain di daerah Balopanggang dan kota Lamongan.

Itulah beberapa hal mengenai songkok unik yang banyak diminati, peci awing. Orang Indonesia patut bangga karena karya asli bangsa bisa diterima dan disukai oleh bangsa lain. Hal tersebut juga merupakan salah satu langkah untuk memajukan bangsa dan mewujudkan cita-cita untuk lebih dikenal oleh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *