Tips Gosok Gigi Saat Puasa

Tips Gosok Gigi Saat Puasa – Menyikat gigi saat berpuasa itu ada yang membolehkan dan ada yang memakruhkan. Untuk berjaga-jaga, bagaimanakah cara menggosok gigi selama bulan puasa agar tak makruh? Mungkin ini juga bisa menjadi solusi bagi yang mencari tahu gosok gigi saat puasa. Pada dasarnya, ada 3 tahap dalam membersihkan gigi secara maksimal yaitu menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss), berkumur dengan cairan pembersih. Ketiga tahap ini akan menjadi 4 tahap selama bulan puasa, dan bertambah menjadi 5 tahap jika gigi berlubang.

Tahap ke-4 yaitu berkumur dengan air yang bersih, ini harus dilakukan ketika setelah sahur. Sedangkan tahap ke-5 yaitu mengorek lubang gigi dengan tusuk gigi dan semacamnya, karena terkadang sikat gigi tak bisa menjangkau bagian dalam lubang gigi. Oleh karena itu, kegiatan mengorek lubang gigi dengan tusuk gigi dapat membuat gigi kita lebih bersih dan juga bau akan berkurang.  Dalam kehidupan sehari-hari kita dianjurkan menyikat gigi tiga kali sehari yaitu pagi, sore, dan menjelang tidur. Ketika bulan puasa, kita bisa juga melakukan rutinitas kita menyikat gigi 3 kali sehari, kapan saja waktunya?

  1. Setelah Sahur

Menggosok gigi setelah sahur bisa menjaga mulut kita dari bau yang tak sedap selama seharian. Secara biologinya, makanan yang ada di sela-sela gigi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan nafas tidak sedap dan bau mulut.

Sisa makanan yang ada di sela-sela gigi akan diuraikan oleh bakteri dan menghasilkan asam yang berbau. Jika tak ingin bau, bersihkanlah sisa makanan yang tersisa di sela-sela gigi kita.  Setelah sahur, kita masih boleh minum dan berkumur dengan bebas.

Sehingga kita dapat melakukan pembersihan gigi dan mulut kita secara maksimal dengan tiga tahap tanpa kawatir akan membatalkan puasa yakni menyikat gigi dengan pasta gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi, berkumur dengan cairan penyegar dan pembersih gigi.

Tips Gosok Gigi Saat Puasa

Jika gigi Anda sudah benar-benar bersih namun siang hari mulut masih terasa bau, mungkin penyebab bau mulut Anda bukanlah hanya karena sisa makanan yang ada di sela-sela gigi. Beberapa penyakit dan juga lendir mulut bisa menyebabkan bau mulut.

Nah untuk kasus yang demikian, mungkin tak bisa diselesaikan hanya dengan cara menyikat gigi. Tapi setidaknya, dengan menyikat gigi kita sudah dapat mencegah kuman untuk membuat bau tak sedap di mulut kita dan tentunya bau akan sangat terkurangi jika dibangdingkan kalau kita tak membersihkan gigi.

  1. Membersihkan Gigi Saat Berbuka

Untuk tips saat berbuka, ada beberapa cara yang biasa dilakukan. Ada yang menggosok gigi setelah minum air putih sebagai pembuka, jadi gosoklah gigi dilakukan setelah minum air putih dan sebelum makan makanan utama. Nah ini salah satu tips penting dalam Tips Gosok Gigi Saat Puasa

Namun ada juga yang menyikat gigi setelah makan besar. Tujuan dari menyikat gigi ketika berbuka adalah untuk mengurangi kuman yang ada di mulut dan secara tak langsung akan mengurangi bau mulut. Tentunya kurang nyaman manakala kita berbuka bersama teman dengan mulut tak sedap, tentu kurang terasa segar.

  1. Menggosok Gigi Sebelum Tidur

Menggosok gigi sebelum anda tidur akan membersihkan sisa makanan dan mengurangi aktifitas bakteri selama kita tidur. Saat tidur, bakteri tidak tidur. Mereka akan tetap beraktifitas di dalam mulut kita.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi efek dari aktifitas bakteri tersebut, kita bisa mengurangi jumlah bakteri dalam mulut atau dengan cara membersihkan sisa makanan dalam mulut.

Itulah beberapa Tips Gosok Gigi Saat Puasa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel tentang hukum sikat gigi saat puasa di hijapedia.com ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *